INFORMASI & DOWNLOAD

PENGUMUMAN PERIHAL

PROSEDUR PERMOHONAN KERINGANAN UKT / SPP  

Kepada mahasiswa Vokasi/Sarjana/Pascasarjana yang berencana melakukan permohonan keringanan UKT/SPP, maka harap memperhatikan beberapa hal sebagaimana berikut :

  1. Bagi mahasiswa Vokasi/Sarjana/Pascasarjana yang hanya tinggal menyelesaikan Tugas Akhir/Tesis/Disertasi, akan mendapatkan subsidi berupa beasiswa bebas UKT/SPP untuk semester gasal tahun akademik 2020/2021. Mekanisme pengajuannya dilakukan melalui pengajuan dari mahasiswa yang bersangkutan dengan dilampiri keterangan dosen pembimbing dan Kepala Departemen bahwa TA/Tesis/Disertasi tersebut telah mencapai 60% beserta dokumen pendukung terkait. Khusus untuk disertasi, dosen pembimbing harus menjelaskan dengan rinci bahwa penyelesaian disertasi tertunda benar-benar karena wabah COVID-19. Pengajuan ini dikumpulkan di Departemen dan kemudian departemen secara kolektif mengajukan ke Fakultas dan selanjutnya dari Fakultas mengajukan  ke Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sarana Prasarana.
  2. Bagi mahasiswa Vokasi/Sarjana dengan UKT kelompok I ( Rp. 500.000,- per semester ) dan tidak sedang menerima beasiswa akan mendapatkan subsidi beasiswa bebas UKT untuk semester gasal 2020/2021.
  3. Mahasiswa selain poin 1 dan 2 diatas, dapat melakukan pengajuan keringanan UKT/SPP melalui permohonan penyesuaian UKT/SPP atau permohonan pembayaran UKT/SPP dengan sistem angsuran.

        Adapun permohonan penyesuaian UKT dapat dilaksanakan melalui 2 cara, yaitu :

    • Untuk mahasiswa baru, pengajuan penyesuaian UKT dilaksanakan dengan mengajukan surat permohonan ke Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sarana Prasarana melalui alamat email sekwr2@its.ac.id dan tembusan ke alamat email perencanaan@its.ac.id dengan melampirkan bukti-bukti pendukung yang relevan.
    • Untuk mahasiswa lama, pengajuan penyesuaian UKT dilaksanakan melalui aplikasi sipmaba.its.ac.id. Mahasiswa harus mengupdate data–data kelengkapan verifikasi UKT yang dulu pernah diisikan mahasiswa bersangkutan pada saat menjadi calon mahasiswa baru. Mekanisme pengisian bisa dilakukan dengan cara login ke sipmaba.its.ac.id dengan akun dan password lama, dan memilih menu Permohonan Keringanan UKT. Selanjutnya mahasiswa dapat mengisi kelengkapan-kelengkapan sebagaimana sebelumnya. Jika terdapat kendala dengan akun / password, mahasiswa dapat bertanya via whatsapp messanger kepada :
      1. Putri Kurnia : +62 812 3001 9620
      2. Endah Mayasari : +62 812 3231 709

     Permohonan penyesuaian UKT melalui sipmaba.its.ac.id, dilakukan dengan timeline pengisian sebagai berikut :

  • 22 Juni – 05 Juli 2020 : Update data di sipmaba.its.ac.id oleh mahasiswa
  • 06 Juli – 12 Juli 2020 : Pengecekan oleh Verifikator Banding UKT
  • 13 Juli - 19 Juli 2020  : Evaluasi oleh Subdit Perencanaan Anggaran
  • 20 Juli 2020 : Pengumuman hasil banding UKT

    4. Permohonan keringanan pembayaran UKT/SPP dengan sistem angsuran atau permohonan penundaan pembayaran UKT/SPP,  dilakukan melalui mekanisme pengajuan surat permohonan kepada Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sarana Prasarana yang dikirimkan melalui alamat email sekwr2@its.ac.id dan tembusan ke alamat email penerimaan@its.ac.id, maksimal tanggal 12 Juli 2020.

Surat permohonan harus dilampiri bukti pendukung, antara lain sebagaimana berikut :

    • SPT 2019 dan Slip gaji dari perusahaan/institusi sebelum dan sesudah masa pandemi COVID 19 resmi dari institusi pemberi kerja;atau
    • Surat keterangan penghasilan sebelum dan sesudah masa pandemi COVID 19 yang ditandatangani oleh RT/RW ;atau
    • Surat Pemutusan Hubungan Kerja;atau
    • Surat keterangan kematian (jika orang tua/penyandang dana meninggal dunia); atau
    • Bukti lain yang sah.

 

TTd

 

 

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sarana Prasarana

PERINGATAN

ITS tidak pernah mengumumkan segala hal terkait proses pendaftaran ulang mahasiswa baru melalui sms atau telepon. Semua pengumuman disampaikan melalui web resmi berdomain its.ac.id. Apabila ada sesuatu yang perlu dikonfirmasi, bisa menghubungi Direktorat Pendidikan - ITS (Telp. 031 5994251 - 54, Ext. 1012, 1108, 1119).